Indah Putriani
10.0301.0040
PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KARIR
BERGAMBAR SEBAGAI MEDIA INFORMASI KARIR SISWA SMP
Oleh:
Indah Putriani
10.0301.0040
luph_hejow@yahoo.com
Abstrak
ABSTRAK
Kata kunci: Ensiklopedia,
Karir, Informasi
Penelitian pengembangan ensiklopedia karir bergambar dilatarbelakangi
oleh munculnya kasus banyaknya siswa SMP yang seringkali mengalami kesulitan
dalam menentukan pilihan karir. Masalah tersebut dikarenakan oleh banyak faktor
salah satunya kurangnya informasi tentang karir yang mengakibatkan siswa
mengalami kesulitan dalam menentukan arah pilihan karirnya. Karena kebutuhan
siswa akan informasi karir itulah maka dikembangkanlah suatu media informasi
karir untuk menambah pengetahuan siswa tentang karir.
Tujuan Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan
ensiklopedia karir bergambar untuk siswa SMP Negeri 2 Malang sebagai salah satu
media informasi karir yang dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan
bimbingan karir sehingga dapat membantu siswa dalam melakukan pemilihan karir
yang logis.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall
(1983), dengan prosedur: 1) tahap I perencanaan: menentukan potensi dan masalah
penelitan, melakukan kajian pustaka dan need assesment; 2) tahap II
pengembangan produk: menentukan tujuan dikembangkannya ensiklopedia karir
sebagai media informasi karir untuk siswa SMP (tujuan umum dan tujuan khusus),
menyusun isi ensiklopedia karir bergmabar, menyusun alat evaluasi produk; 3)
tahap III uji coba produk: uji ahli (uji ahli bk, dan uji ahli media); revisi produk
hasil penilaian uji ahli; uji calon pengguna produk; uji coba kelompok kecil);
produk akhir ensiklopedia karir bergambar untuk siswa SMP.
Berdasarkan hasil analisis data penilaian para ahli dan
calon pengguna produk serta revisi-revisi yang yang telah dilaksanakan sesuai
saran dan masukan terhadap Ensiklopedia karir bergambar untuk siswa SMP Negeri
2 Malang, dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia karir bergambar ini sangat baik
digunakan sebagi media informasi karir. Berdasarkan hasil penelitian disarankan
kepada: (1) Konselor untuk benar-benar memahami dan mempelajari, dan
menyampaikan pada siswa agar dapat memberikan layanan informasi karir yang
lebih efektif dalam membantu siswa melakukan pilihan karir. (2) Kepala sekolah
diharapkan menjadikan referensi ensiklopedia karir ini di dalam perpustakaan
sekolah sehingga semua siswa dapat mengaksesnya. (3) Ensiklopedia karir ini
dapat dilanjutkan dengan mengembangkan produk baru berupa ensiklopedia dalam
bidang lainnya.
Dikutip dari : Cahyono, Febri Tri. 2013.
Pengembangan Ensiklopedia karir bergambar sebagai media informasi karir siswa
SMP Negeri 2 Malang. Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu
Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr, H. Muslihati, S.Ag,
M.Pd. (II) Dr. Blasius Boli Lasan, M.Pd.
Ensiklopedia (/énsiklopédia/) adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan
yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta
dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu
pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang
tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap
artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada
umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang
tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.
Ensiklopedia pada masa depan ini dengan munculnya revolusi informasi
digital, maka muncullah pula ensiklopedia dalam bentuk perangkat lunak di mana
setiap entri atau lemma bisa dicari dengan mudah. Sebuah contoh ialah Encarta,
ensiklopedia keluaran Microsoft. Pada tahun 2001 muncul
sebuah ensiklopedia populer di internet
yaitu Wikipedia. Wikipedia berusaha menulis sebuah ensiklopedia
yang terlengkap dalam semua bahasa di dunia dan menyajikannya
secara bebas di dunia maya. Ensiklopedia online
ini tersaji dalam banyak bahasa, antara lain bahasa Indonesia.
B.Aplikasi guru Bimbingan Konseling
Aplikasi guru Bimbingan Konseling pada
pengembangan karir media informasidisini adalah salah satu alternative guru
dalam mengembangkan karir siswa khususnya pada siswa SMP yang seringkali mengalami kesulitan dalam
menentukan pilihan karir. Masalah tersebut dikarenakan oleh banyak faktor salah
satunya kurangnya informasi tentang karir yang mengakibatkan siswa mengalami
kesulitan dalam menentukan arah pilihan karirnya. Karena kebutuhan siswa akan
informasi karir itulah maka dikembangkanlah suatu media informasi karir untuk
menambah pengetahuan siswa tentang karir.
C.Tujuan
Penelitian dan pengembangan ini adalah menghasilkan
ensiklopedia karir bergambar untuk siswa SMP sebagai salah satu media informasi
karir yang dapat digunakan konselor dalam memberikan layanan bimbingan karir
sehingga dapat membantu siswa dalam melakukan pemilihan karir yang logis.
D.Prosedur
Penelitian
Penelitian pengembangan ini menggunakan model Borg and Gall
(1983), dengan prosedur: 1) tahap I perencanaan: menentukan potensi dan masalah
penelitan, melakukan kajian pustaka dan need assessment
2)
tahap II pengembangan produk: menentukan tujuan dikembangkannya ensiklopedia karir
sebagai media informasi karir untuk siswa SMP (tujuan umum dan tujuan khusus),
menyusun isi ensiklopedia karir bergmabar, menyusun alat evaluasi produk
3)
tahap III uji coba produk: uji ahli (uji ahli bk, dan uji ahli media); revisi
produk hasil penilaian uji ahli; uji calon pengguna produk; uji coba kelompok
kecil); produk akhir ensiklopedia karir bergambar untuk siswa SMP.
Referensi
1.
^
“”Encyclopedia.”". Diarsipkan pada 3 Agustus 2007. Kesalahan:
If you specify
|archivedate=
, you must also specify |archiveurl=
.
http://web.archive.org/web/20070803182506/http://library.rcc.edu/riverside/glossaryoflibraryterms.htm#e. Glossary of Library Terms. Riverside City College,
Digital Library/Learning Resource Center. Retrieved on: November 17, 2007.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar